Rabu, 23 November 2011

Tugas Pengantar Bisnis : Perkembangan Bisnis Online

PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE

         Mungkin bukan hal yang asing lagi jika kita mendengar kata ”BISNIS ONLINE”, kenapa? Karena zaman sekarang bisnis online sudah merajalela di dunia ini. Semakin pesatnya perkembangan teknologi membawa dampak terhadap kehidupan kita sekarang bukan? Karena semua serba teknologi. Salah satu contoh teknologinya adalah internet. Tidak diherankan internet sekarang bisa dikatakan akan menjadi kebutuhan pokok masyarakat karena melalui internet kita dapat menjelajahi dunia dan lebih banyak lagi keuntungan lain dari internet. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa arti bisnis online itu sendiri, bisnis online adalah sebuah usaha yang dilakukan melalui media internet.
       Di Indonesia bisnis online sudah sangat booming banget dan sudah sangat berkembang keseluruh penjuru, misalnya penjualan produk barang atau jasa yang ditawarkan. Saat ini toko busana pun tidak harus memiliki tempat tetap seperti kios, konsumen datang ke kios busana tersebut dan dapat langsung memilih busana yang diinginkan. Sekarang konsumen dapat melakukannya dengan mudah tanpa membuang waktu yang banyak karena hanya dengan membuka website konsumen dapat melakukan pemesanan barang yang diinginkan melalui website tersebut. Begitulah dunia bisnis online yang sudah begitu banyak memberikan kemudahan bagi para konsumen maupun pengusaha.
SEJARAH BISNIS ONLINE
      Awalnya perdagangan online berarti pemanfaatan transaksi, seperti penggunaan untuk mengirim dokumen seperti pesanan pembelian atau invoice. Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyaI istilah yang lebih pas, yaitu "perdagangan web" pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web (WWW) melalui server aman (HTTP), protokol server khusus yang menggunakan enskripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
        Bisnis online dulu dikenal dengan E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga A$$ 12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
Bisnis Online dapat dilakukan melalui :
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Email
  4. Website Sendiri
  5. Blog
JENIS BISNIS ONLINE
1. Menjual Produk Sendiri
Kita membuat produk sendiri lalu kita pasarkan secara online. Dengan memiliki produk sendiri berarti keuntungan yang kita dapat akan jadi lebih tinggi.

2. Menjual produk Orang Lain
Zaman sekarang bisnis online tidak harus membuat produk sendiri tapi kita bisa menggunakan produk orang lain yaitu disebut reseller atau affiliate marketing. Reseller biasanya mendapatkan komisi hinga 50% s.d 80% bahkan ada juga yang menjual produk orang lain dengan komisi 100% harga pembelian menjadi milik kita, ini yang disebut hak 100% jual kembali.

3. Website Menampilkan Iklan Orang Lain
Maksudnya adalah kita bisa menjadikan website atau blog kita sebagai media untuk menampilkan iklan-iklan orang lain, tentunya dengan komisi tertentu biasanya dibayarkan perbulan atau perklik (pay per click). Pay Per Click atau PPC artinya kita dibayar jika ada orang yang mengklik iklan yang kita pasang pada website kita dalam waktu sekian detik sesuai ketentuan pengiklan.
PELUANG BISNIS ONLINE
1. Pengguna internet di Indonesia terus meningkat.
Indonesia juga masuk dalam kategori lima terbesar dengan pertumbuhan sekitar 1.400% pengguna internet dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Ini berarti pasar bisnis online indonesia akan semakin luas. Tinggal tetapkan sasaran market yang sesuai dengan keahlian dan minat yang anda miliki lalu terapkan teknik-teknik internet marketing terbaik.
2. Sebagian besar pengguna internet adalah remaja.
Remaja adalah potensi yang besar untuk meningkatkan penjualan anda, sebab anda dapat memanfaatkan tenaga dan keahlian mereka untuk bekerja sama dengan anda misalnya menjadikan mereka reseller produk bisnis online anda.
KELEBIHAN BISNIS ONLINE :
  • Menghemat waktu para customer.
  • Dapat dengan mudah memilih barang yang sesuai dengan keinginan kita.
  • Modal yang dibutuhkan tidak harus besar.
  • Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software.
  • Tidak butuh jumlah karyawan yang terlalu banyak.
  • Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan dengan bisnis offline.
  • Waktu kerja tidak terbatas karena melalui internet.
KEKURANGAN BISNIS ONLINE :
  • Penipuan dengan cara pencurian data customer dan membohongi customer.
  • Hukum yang kurang berkembang dalam bidang bisnis online ini.
  • Sulitnya mendapatkan kepercayaan dari customer.
  • Harus siap mental jika ada customer yang complain karena barang yang dipesan tidak sesuai dengan keinginannya.
Sumber :

Tidak ada komentar: