Kamis, 31 Oktober 2013

Tugas 1 Bahasa Indonesia 2

1. Jelaskan dengan contoh “Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar”!
Jawab :
 
Menurut saya berbahasa Indonesia dengan baik dan benar  dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasaranya dan disamping itu mengikuti aturan bahasa yang benar.  Ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebaliknya, mengacu  ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran.

Contoh :
Menulis Surat Pengunduran Diri

Jakarta, 03 Oktober  2013
Kepada Yth, HRD Manager
PT. Indomilk
Jl. Kalisari
Ditempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Mansyur bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Indomilk sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 04 Oktober 2013.

Saya menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Indomilk. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, PT. Indomilk dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,


Mansyur

     2.  Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi!
     Jawab : 

Menurut Gorys Keraf (1997 : 1). Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mereka menunjukan bahwa dua orang atau pihak yang mengadakan komunikasi dengan mempergunakan cara-cara tertentu yang telah di sepakati bersama. Lukisan-lukisan, asap api, bunyi gendang atau tong-tong dan sebagainya. Tetapi mereka itu harus mengakui pula bahwa bila dibandingkan dengan bahasa, semua alat komunikasi tadi mengandung banyak segi yang lemah. Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media tadi. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bukanya sembarang bunyi. Dan bunyi itu sendiri haruslah merupakan simbol atau perlambang.

Menurut saya bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan tidak hanya melalui mulut kita tetapi dapat bersumber dari suatu bunyi sebagai simbol.  

Contoh :

Ada seorang ibu yang sedang memasak di dapur, saat sedang asyik memasak tiba-tiba telepon rumah berdering pertanda ada telepon masuk.
Jadi, bahasa yang dipakai ibu tersebut berupa telepon rumah yang berdering memberikan pertanda ada telepon sehingga harus segera diangkat.

Sumber :



Tidak ada komentar: